Sahabat penuh semangat !!

Sahabat penuh semangat !!
Korps Relawan SALMAN ITB

Motivasi dari Al-Qur'an

"Sesungguhnya dalam penciptan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran ALLAH) bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat ALLAH sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Rabbana, tidaklah Engkau Menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka""

06 Januari 2008

Apapun Kesulitannya, Hadapi dan Nikmati !

”Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak duji lagi?

Q.S. Al-Ankabuut [29]: 2

Modal yang diperlukan untuk memulai suatu kemajuan adalah kemauan, keberanian dan pengetahuan. Sedangkan kekuatan untuk mempertahankannya adalah kejujuran, komitmen, inovasi, dan kesabaran.

Jangan pernah menghindari tantangan, melompatlah ke dalamnya dan taklukanlah. Nikmatilah permainannya. Jika tantangan yang Anda hadapi terlalu besar atau terlalu banyak, jangan menyerah. Kegagalan tidak boleh membuat Anda lelah. Sebaliknya, atur kembali strategi Anda. Temukanlah lebih banyak lagi keteguhan, pengetahuan, dan bantuan.

Jika Anda telah mencapai tujuan Anda, rencanakanlah tujuan yang lebih besar lagi. Begitu kebutuhan pribadi atau keluarga Anda terpenuhi, berpindahlah kepada tujuan kelompok Anda, masyarakat, bahkan umat. Malaikat akan mencatat setiap kebaikan Anda yang membuat orang lain merasa bahagia dan tertolong. Sehingga kesuksesan Anda pun menjadi amal jariyah yang terus mengalir pahalanya meski Anda telah meninggal.

Jangan menciptakan kesuksesan kemudian Anda tidur nyenyak di dalamnya. Anda memiliki sumber daya, keahlian, dan kemampuan untuk menciptakan kemajuan. Ingatlah bahwa ALLAH menyembunyikan nikmat-Nya yang luar biasa di balik setiap kesulitan dan tantangan. Sementara syaithan mengalihkan perhatian Anda dari kenikmatan itu dengan menimbulkan rasa khawatir, was-was, takut gagal, minder, dan tergesa-gesa dalam diri Anda.

Jika ALLAH menginginkan seorang hamba menjadi orang yang kuat, Dia akan mengujinya dengan ujian dan tantangan kesulitan yang berat. Kemampuan mengatasi tantangan itulah yang akan menjadikannya kuat.

4 komentar:

Donny mengatakan...

jadi inget salah satu ayat favorit saya, fa inna ma'al 'usri yusron...inna ma'al 'usri yusron...:D. Sewaktu ngerjain skripsi dulu, ayat itu yang selalu saya inget-inget di kepala, alhamdulillah bisa bikin motivasi tetep terjaga.

btw, si ibu cocok jadi motivator yah?! cuma kalo boleh saran, daripada sekali posting beberapa tulisan, mending setiap hari 1-2 tulisan...:D supaya yang baca -saya maksudnya- bisa menikmati dan 'merenungi' isi tulisannya. ;-)

Donny mengatakan...

Konklusi: setelah baca hampir seluruh tulisan Ayu, lumayan dapat pencerahan. Makanya, sayang kalau tulisan-tulisan kita tersimpan di harddisk kita aja mah. Kita mungkin ngerasa nggak terlalu penting, tapi barangkali bagi orang lain bisa sangat penting.

Salah satu motivasi saya menulis sebetulnya berharap ada tulisan saya yang punya nilai manfaat untuk orang lain. Itu kan jadi jariah yang pahalanya tidak pernah terputus, Insya Allah. ;-)

Ayu Hilmawati mengatakan...

sebenernya hampir tiap hr bikin tulisan, tapi di-postnya tiap minggu...

dengan pertimbangan waktu, tenaga, biaya, kesempatan, efektivitas, efisiensi, dsb... alaaaahh...

hehe...

jadi kadang sekali online bisa post 5-7 tulisan...

Anonim mengatakan...

Jadi semangat lagi deh!